Ternyata, Ini 4 Cara Memanfaatkan Sampah Dapur Agar Berguna Lagi

Pemanfaatan Sampah Dapur
Ternyata, Ini 4 Cara Memanfaatkan Sampah Dapur Agar Berguna Lagi

Jual Kantong Sampah Plastik Harga Murah – Lim Corporation

Sampah menjadi salah satu masalah yang cukup sulit untuk dituntaskan. Seperti dilansir dari Conserve Energy Future, pada saat sampah dapur sudah sampai ke pembuangan, lapisan tanah akan mengurai dan menghasilkan gas rumah kaca yang lebih kuat menangkap karbondioksida. Namun, dari masalah tersebut ada beberapa cara untuk memanfaatkan sampah dapur supaya berguna kembali.

Pengomposan
The United States Environmental Protection Agency mengatakan, hampir 90% sampah yang dibuang oleh rumah tangga, restoran, sampai supermarket terdiri atas sisa-sisa makanan yang sebetulnya bisa didaur ulang. Proses pengomposan menjadi salah satu cara mendaur ulang sampah dapur yang paling gampang serta ramah lingkungan.

Teknik pengomposan sejatinya bisa Anda laksanakan sendiri di rumah, dengan memisahkan sampah di halaman rumah. Membaginya menjadi 4 bagian, yaitu sampah dapur hijau, sampah dapur cokelat, sisa makanan, dan kemasan daur ulang.

Donasi Sampah Dapur Untuk Pakan Hewan
PBB pernah memperkirakan, apabila petani dan pemilik ternak memberi makan hewan mereka dengan sisa makanan yang diizinkan hukum, produksi dan konsumsi gandum bisa dialihkan di 3 miliar orang di seluruh dunia.

* Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

Dan bahkan, pengalihan sisa makanan untuk hewan menjadi strategi yang cukup aman dan efektif untuk mendaur ulang sampah dapur dan makanan. Untuk melaksanakan hal ini, Anda bisa bekerja sama dengan peternak lokal. Atau, bisa juga mengumpulkan dan memilah sampah dapur yang kemudian diberikan pada hewan peliharaan kita, itupun jika memelihara hewan di rumah.

Mengubah Sampah Dapur Menjadi Biogas
Biogas adalah salah satu sumber energi terbaru dan berkelanjutan serta bisa dikembangkan dari bahan organik yang terkandung dalam sampah dapur. Para peneliti menemukan sebuah cara mendaur ulang sampah dapur menjadi biogas.

Baca Juga:
Pengolahan Sampah Perkotaan Dengan Metode Hidrotermal, Penasaran?
Kantong Sampah Mempunyai Banyak Fungsi
Kegunaan Kantong Sampah Di Lingkungan Sekolah
Jaga Lingkungan agar Terhindar Dari Kantong Plastik

Di dalam proses ini, limbah dibakar untuk menghasilkan cairan mentah yang bisa dikonversi menjadi biofuel. Setelah itu, residunya diolah dan akan menghasilkan metana yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber listrik dan panas.

Memakai Kembali Kemasan Makanan
Teknik mendaur ulang sampah dapur yang lainnya merupakan dengan memakai kembali kemasan makanan dan bahan dapur lainnya yang sudah kita pergunakan. Meskipun pada saat memilah kemasan yang bisa dipakai kembali akan sulit, cara mendaur ulang seperti ini cukup efektif dilaksanakan untuk mengurangi produksi sampah.

Bahan kemasan seperti karton, pembungkus, dan wadah lainnya bisa kita pilah. Sekiranya mana yang bisa dipakai kembali dan mana yang harus benar-benar dibuang sebab mengandung bahan kimia yang tak baik untuk kesehatan.

Demikian penjelasan mengenai artikel berjudul “Ternyata, Ini 4 Cara Memanfaatkan Sampah Dapur Agar Berguna Lagi”. Semoga penjelasan artikel tersebut bisa bermanfaat bagi Anda.

Bagi Anda yang sedang memerlukan Kantong Sampah, kami menyediakan dan melayani pemesanan Kantong Sampah dengan harga murah serta bahan yang berkualitas. Info harga produk dan pemesanan silakan hubungi kami melalui SMS/WA/CALL pada hari dan jam kerja pukul 08.00-16.00 WIB (Minggu dan Hari Besar TUTUP) di 0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 031–8830487
Atau chat Admin kami dengan klik salah satu link berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s