Daftar 3 Desa Terbersih Di Dunia, Indonesia Juga Ada Lho!

Sebetulnya bagi setiap orang pasti juga ingin tinggal di lingkungan yang bersih serta trerbebas dari sampah. Tetapi sayang beberapa bagian orang masih sangat susah untuk diajak disiplin dalam hal menjaga kebersihan. Masih saja banyak yang suka buang sampah di sembarang tempat.

Masalah kebersihan tersebut memang bukan cuma menjadi tanggung jawab pemerintah saja, tetapi juga wajib bagi setiap orang yang tinggal di daerah tersebut. Dengan kerjasama serta tanggung jawab yang baik dari masyarakat serta pemerintah, maka desa yang bersih dan terbebas dari sampah sebetulnya bisa tercipta. Seperti beberapa desa berikut ini.

Desa Giethoorn

desa giethoorn

Desa Giethoorn terletak di Overijssel, Belanda. Pada desa Giethoorn ini sangat terbebas dari polusi kendaraan bermotor dan bahkan bisa dibilang nyaris tak ada jalan raya. Yang ada hanyalah kanal-kanal dan jalanan kecil untuk pejalan kaki. Di desa ini, akses transportasi yang paling utama yaitu sebuah kanal sepanjang 4km.

Desa Giethoorn dihuni kurang lebih sekitar 2.620 orang. Lingkungannya yang sangat bersih, asri dan rindang tersebut membuat banyak wisatawan berkunjung ke desa ini. Bahkan, Giethoorn memperoleh julukan sebagai Venesia dari Belanda dan menjadi salah satu tempat wisata terpopuler di negara Belanda.

Desa Mawlynnong

desa mawlynnong

Negara India tak selamanya kotor dan penuh polusi seperti yang seringkali digambarkan. Buktinya, desa Mawlynnong Meghalaya ini justru berhasil memperoleh predikat sebagai desa paling bersih di dunia. Tanaman bisa tumbuh sangat subur nan indah serta bersih tak terlihat sedikitpun sampah yang mengotori jalan-jalan di desa tersebut.

Tempat sampah yang terbuat dari bambu tersedia pada setiap sudut jalan. Tak hanya itu, ada juga peringatan berukuran besar yang melarang masyarakat untuk membuang sampah sembarangan. Para relawan dan warga juga sangat rajin menyapu jalan secara rutin jadi desa berpenduduk 500 orang itu selalu terlihat bersih.

Baca Juga :

Itu karena prinsip disiplin dan budaya hidup bersih sudah diterapkan sejak 130 tahun yang lalu ketika wabah penyakit kolera menyerang di desa tersebut. Seorang pendeta mengatakan pada nenek moyang para warga bahwa menjaga kebersihan badan, makanan, rumah, serta lingkungan bisa melindungi diri mereka dari serangan penyakit kolera. Sejak itulah mereka benar-benar menjaga kebersihan dan bahkan melarang wisatawan datang ke wilayah mereka. Barulah pada tahun 2003 larangan tersebut dihapuskan.

Desa Penglipuran

desa panglipuran

Kebanyakan tempat yang indah nan cantik di Indonesia, apabila sudah jadi tempat wisata umumnya akan berubah jadi kotor akibat pengunjung yang tak bisa menjaga kebersihan. Tetapi, berbeda dengan desa Penglipuran yang ada di Bali ini. Karena kondisi tempat yang sangat bersih, indah, serta kehidupan tradisional yang sangat terjaga membuat desa yang kecil ini menjadi favorit para wisatawan serta traveller untuk berkunjung dan berlibur.

Di desa Panglipuran ini terdapat sekitar 200 rumah yang berdesain tradisional yang berderet dengan rapi pada jalanan yang menanjak. Jalanan dibuat dari batu alam serta banyak ditumbuhi bunga warna-warni di sekitar desa tersebut. Motor dan mobil juga dilarang masuk ke dalam wilayah desa jadi Penglipuran terbebas dari asap knalpot.

Sebetulnya yang memperoleh manfaat dari lingkungan yang bersih yaitu diri kita sendiri. Tetapi kebanyakan orang sulit sekali menerapkan prinsip disiplin untuk menjaga kebersihan ini dan tak ingin repot membuang sampah di tempat yang sudah ditentukan. Padahal dengan lingkungan yang bersih, masyarakat juga bisa hidup dengan lebih sehat. Jadi, kenapa masih ada banyak alasan untuk tak menjaga kebersihan?

Jika Anda Membutuhkan Dan Memerlukan Kantong Sampah Plastik untuk penampungan sampah skala cukup atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Catatan:
– minimal order 300 kg
– harga netto (tdk termasuk PPN)
– harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s