Inilah Alasan Mengapa Kantong Sampah Rumah Sakit Berbeda

Pusat_Produksi_Kantong_Sampah_Plastik_Medis_Maupun_Non_Medis

Sampah medis atau yang biasa disebut dengan istilah limbah medis mempunyai sifat atau karakteristik infeksius sekaligus toxic. Artinya, sampah tersebut bisa menyebabkan seseorang mengidap infeksi penyakit tertentu atau mengalami keracunan. Oleh karena itu, sampah-sampah tersebut perlu ditangani dengan cara khusus supaya tak menyebabkan pencemaran dan menyebabkan masyarakat mengalami keracunan atau terkena penyakit yang menular.

Berdasarkan penelitian dari organisasi kesehatan dunia (WHO), sampah medis dari rumah sakit per hari rata-rata bisa mencapai sekitar 0,14 kg per pasien. Sedangkan di Puskesmas, sampah medis bisa mencapai 7,50 gram setiap pasien per hari. Jumlah tersebut, tentu bukanlah jumlah yang sedikit jika dilihat dari jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit.

Bila tidak segera ditangani dengan benar, sampah medis tersebut tentu saja bisa membahayakan kesehatan masyarakat. Untuk menangani limbah medis, dibutuhkan kantong plastik khusus yang kuat dan tidak mudah robek serta tahan terhadap tusukan. Karena, sampah medis atau limbah medis dikategorikan dalam golongan B3 (limbah–Bahan Beracun dan Berbahaya).

Karena sangat berbahaya, maka sampah medis tersebut harus dipisahkan dari sampah yang reguler. Sampah-sampah tersebut biasanya dimusnahkan dengan cara dibakar dengan menggunakan panas yang suhunya 10.000 derajat Celsius.

Di rumah sakit, sampah-sampah medis dipisahkan menjadi beberapa kelompok berdasarkan tingkat bahayanya. Oleh karena itu, dibutuhkan juga wadah atau plastik yang berbeda-beda warnanya.

Baca Juga :

Tips Untuk Membudidaya Tumbuhan Anggrek
Plastik UV Untuk Budidaya Ikan, Lebih Untung Dan Menjanjikan!!
5 Cara Jitu Budidaya Buah Naga Dengan Polybag
Ini Dia Karung Yang Digunakan Pasca Panen Padi Beras Merah!!

kantong sampah

Di antara beberapa contoh limbah medis yang berasal dari rumah sakit, Puskesmas, ataupun pusat pelayanan kesehatan yang lain, yaitu:

1. Obat-obatan
2. Limbah laboratorium
3. Alat suntik yang sudah dipakai
4. Darah
5. Bekas infus
6. Perban, dan lain-lain

Inilah Fungsi Kantong Sampah Medis Berdasarkan Warnanya :

1. Kantong Sampah Hitam

Kantong sampah hitam dipergunakan untuk menampung jenis limbah non medis. Limbah non medis merupakan limbah yang berasal dari aktivitas non medis, misalnya: seperti limbah dapur, perkantoran, taman, dan halaman. Limbah non medis tersebut yang dapat didaur ulang menjadi barang yang berguna dan bermanfaat.

2. Kantong Sampah Medis

Sesuai dengan namanya kantong sampah medis merupakan kantong sampah yang dibuat dan digunakan untuk limbah medis. Yang dimaksud dengan limbah medis disini merupakan limbah yang dihasilkan dari aktivitas medis, misalnya: seperti obat, limbah laboratorium dan lain sebagainya. Kantong sampah medis terdiri dari bermacam-macam warna.

Adapun dalam Keputusan Menteri tahun 2004 tersebut disebutkan sebagai berikut :

a. Kantong Sampah Medis Berwarna Kuning

Digunakan untuk limbah infeksius dan limbah patologi. Limbah infeksius merupakan limbah yang kaitannya dengan pasien yang perlu untuk dilakukannya isolasi penyakit yang menular. Limbah infeksius dapat menjadi sebab tertularnya penyakit dari perawat, pengunjung, atau pasien lainnya. Berbeda lagi dengan limbah patologi yaitu limbah jaringan tubuh yang terbuang dari proses operasi ataupun autopsi.

b. Kantong Sampah Medis Berwarna Coklat

Digunakan untuk limbah farmasi. Yang dimaksudkan limbah farmasi disini merupakan obat-obatan yang telah kadaluarsa.

c. Kantong Sampah Medis Berwarna Ungu

Digunakan untuk limbah sitotoksis. Limbah sitotoksis berasal dari aktivitas kemoterapi yang dilakukan pada pasien

d. Kantong Sampah Medis Berwarna Merah

Digunakan untuk limbah radioaktif. Limbah radioaktif merupakan limbah yang berasal dari penggunaan medis ataupun riset di dalam laboratorium dan berhubungan dengan zat-zat radioaktif.

Jika Anda membutuhkan Kantong Sampah Medis maupun Non Medis dengan harga yang lebih murah dan terjangkau serta lebih awet, silakan hubungi kami melalui SMS/Call/WA : 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s