Cara Budidaya Mangga Dalam Pot

Mangga (Mangifera indica) adalah nama buah serta nama pohonya termasuk ke dalam keturunan Mangifera dan suku Anacardiaceae. Buah mangga termasuk kedalam kelompok buah batu yang berdaging dengan memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda-beda bergantung pada spesiesnya, mulai dari bulat, bulat telur hingga lonjong memanjang Panjang buah berkisar antara 2,5–30 cm. Kulit buah mangga cukup
tebal berbintik kelenjar berwarna hijau, kekuningan atau kemerahan saat masak. Daging buah jika masak berwarna merah jingga, kuning atau krem, berserabut atau tidak, manis sampai masam dengan banyak air dan berbau kuat sampai lemah.Kini banyak orang yang menanam mangga, meskipun tidak ada lahan luas, kita tetap bisa menanam tumbuhan mangga dengan cara menggunakan pot, Berikut ialah cara menanam mangga dalam pot:

a. Pemilihan Bibit Dan Varietas

Perhatikan varietas dalam memilih bibit, carilah varietas bibit mangga yang gampang berbuah dan pilihlah bibit hasil cangkokan atau okulasi agar lebih cepat berbuah dan jangan plih bibit yang berasal dari biji karena akan lama berbuah.
Hampir semua varietas mangga dapat ditanam dalam pot. Setiap varietas memiliki perbedaan dalam berkembangnya masa berbuah, bentuk tajuknya, produksi buahnya, dan peringkat tersulitnya. Disarankan plih varietas yang mudah berbuah, produktif, bertajuk kompak dan mudah dalam perawatan, contohnya magga apel, manalagi kecil, dan nangklawang dapat dibuahkan sejak berumur 2,5 tahun dan jumlah buahnya relatif banyak. Misalkan mangga arum manis, gedong gincu dan golek baru bisa menghasilkan buah setelah tanaman buah berumur sekitar 3 – 4 tahun setelah okulasi dan jumlah buahnya relatif sedikit.

b. Persiapan Pot untuk Menanam

Pot yang digunakan untuk menanam mangga bisanyanya pot yang terbuat dari semen, kayu, plastik tahan pecah atau juga drum. Pilihlah pot yang ukurannya sesuai dengan tinggi tanaman buah mangga apabila tinggi tanaman buah antara 1,5 maka gunakan pot yang mempunyai diameter sekitar 60 cm. Pot yang digunakan harus memiliki lubang di bagian bawah atau dasarnya berukuran sekitar 1 atau 2 cm dengan jumlah sekitar 4 hingga 6 buah lubang agar pembuangan kelebihan air lancar dan upayakan pot yang
mempunyai kaki, jika tidak bisa siasati dengan mengganjalnya dengan batu bata atau yang lainnya.

Untitled-65

c. Media Tanam

Buatlah media tanam untuk menanam buah mangga dari campuran antara tanah, pupuk kandang atau pupuk kompos dan juga arang sekam padi dengan perbandingan sekitar 2:1:1. Karena tanaman buah mangga menyukai media tanam yang memiliki struktur remah, gembur dan juga kaya akan unsur hara.

Baca Juga :
Macam-macam Sayuran & Buah Hidroponik Yang Bisa Anda Coba Di Rumah
Membuat Tempat Sampah Penuh Warna
Mengenal Hama Tanaman Kedelai & Cara Pengendaliannya
Cara Budidaya Tanaman Wortel

d. Penanaman naman Mangga dalam Pot

Setelah bibit, pot dan media tanam, selanjutnya lakukan penanaman. Pertama isi bagian dasar pot dengan serutan gergaji tau pecahan genteng atau batu bata sekitar 5-10 cm. Kemudian masukan media tanam hingga setengah bagian pot, lalu masukkan bibit dalam pot tepat di bagian tengah kemudian timbun kembali dengan media tanam tapi jangan terlalu penuh. Dalam penanaman usahalan bekas dari sambungan atau okulasi tanaman masih terlihat sekitar 10-15 cm diatas permukaan media tanam. Setelah penanaman selesai lakukan penyiraman.

e. Perawatan Tanaman

Penyiraman
Lakukan penyiraman secara rutin 2 kali sehari yaitu pagi hari dan sore hari, penyiraman jangan terlalu banyak atau berlebihan karena dapat menyebabkan media tanam keluar dari pot.
Pemupukan
lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk organik atau pupuk anorganik. Pupuk orgaik biasanya adalah pupuk kandang atau pupuk kompos sedangkan pupuk anorganik biasanya adalah Urea dan NPK. Pemberian pupuk biasanya ditabur kemudian disiram.

Pembasmian Hama dan Penyakit Tanaman Mangga
Hama yang sering menyerang tanaman mangga antara lain, kutu, ulat, binatang penggerek, lalat dan juga bisul. Jika tanaman mangga terserang hama penyakit maka lakukan pembasmian atau penyelesaian dengan menyiramkan insektisida secara tepat dan sesuai dosis.

f. Pemanenan

Masa berbuah tanaman mangga berbeda-beda, jika tanaman tersebut adalah tanaman hasil cangkok maka dapat mulai berbuah setelah berumur 4 tahun, tanaman okulasi dapat berbuah setelah 5-6 tahun. Pada masa panen pertama mungkin hanya menghasilkan sedikit buah yaitu sekitar 10 hingga 15 buah. Apabila pohan mangga sudah berumur 10 tahun, mangga yang dihasilkan dapat mencapai 300 hingga 500
buah/pohon. Tabulapot atau tanam buah dalam pot untuk mangga memang termasuk eksklusif arena pembuahan buah relatif sulit.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s