Cara Mudah Mencangkok Jeruk Sunkist

Jeruk sunkist pada dasarnya merupakan jeruk manis yang memiliki kualitas tinggi. Keunggulan jeruk ini adalah permukaan kulitnya mulus dan kandungan air di dalamnya pun melimpah. Sehingga jeruk sunkist akan terasa lebih segar apabila diolah menjadi minuman, ketimbang dimakan begitu saja.

Proses perkembangbiakkan pohon jeruk sunkist dapat dilakukan secara vegetatif dengan bantuan manusia. Salah satu metode yang paling sering diaplikasikan ialah cangkok. Bibit jeruk sunkist yang berasal dari cangkok mempunyai sifat yang sama seperti tanaman induknya. Bibit ini pun dapat menghasilkan buah dalam waktu yang lebih cepat.

Buat Anda yang ingin mencoba mencangkok tanaman jeruk sunkist sendiri, silakan ikuti langkah-langkah sebagai berikut :

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  1. Pohon jeruk sunkist
  2. Tanah yang subur
  3. Pupuk kandang
  4. Serbuk gergaji kayu

Alat-alat yang digunakan :

  1. Pisau
  2. Cutter
  3. Sabut kelapa/plastik kresek
  4. Tali rafia/karet ban dalam
  5. Paku
  6. Ember
  7. Tangga

Langkah-langkah cara pengerjaan :

  • Pohon jeruk sunkist yang akan dijadikan sebagai tanaman indukan harus memiliki kualitas yang tinggi. Ciri-cirinya yaitu tanaman berasal dari varietas unggul, kondisinya sehat, berbuah banyak, tidak mengalami cacat, dan tumbuh subur.

 

  • Tentukan cabang yang akan dicangkok. Cabang yang dipilih sebaiknya berusia tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda, diameternya kira-kira sebesar pergelangan tangan anak-anak, berbentuk lurus, dan pernah menghasilkan buah.

*Baca Juga: Manfaat Pupuk Kompos Yang Harus Diketahui!!

  • Sayatlah kulit pada cabang tersebut sepanjang 5-10 cm. Caranya yaitu kerat bagian pangkal cabang menggunakan pisau, lalu ulangi dengan mengeratnya sekali lagi dengan arah 5-10 cm ke atas dari keratan pertama. Buanglah kulit cabang yang terletak di antara dua keratan ini. Setelah semua lapisan kulit kayu sudah hilang, Anda bisa membersihkan lapisan lendir/getahnya. Bersihkan sampai tuntas hingga permukaan kayu tidak licin.

 

  • Bungkus cabang yang telah dibersihkan tadi menggunakan sabut kelapa/plastik kresek. Mulailah dengan mengikatkan bagian bawah plastik terlebih dahulu. Atur sedemikian rupa agar plastik tersebut berbentuk penampung yang nantinya dapat digunakan untuk menampung media tanam.

 

  • Adapun media tanamnya terdiri dari campuran tanah, pupuk kandang, dan serbuk kayu dengan perbandingan 1:1:1. Masukkan media tanam ini ke dalam plastik dan pastikan isiannya harus cukup padat.

 

  • Setelah itu, Anda bisa mengikat plastik yang telah berisi media tanam ini menggunakan tali rafia/karet ban dalam. Pastikan sekali lagi media tanam telah menutupi seluruh bagian cabang yang telah dikerat lapisan kulitnya. Kemudian buat lubang-lubang untuk pembuangan air dan pengatur kelembaban udara dengan jarak antar lubang sekitar 1 cm.

 

  • Perawatan cangkok dilakukan dengan menyiramnya seminggu sekali. Bila sedang turun hujan, cangkok tersebut tidak perlu disiram lagi. Proses cangkok biasanya akan memakan waktu kurang lebih 4-6 minggu. Untuk memastikan bahwa cangkok tersebut sudah jadi atau belum, Anda bisa memeriksa apakah akar yang tumbuh dari cabang cukup banyak atau tidak. Bahkan beberapa akar juga kerap tumbuh hingga menembus lapisan plastik penutupnya.

 

  • Hasil cangkok pohon jeruk sunkist bisa dipisahkan dari tanaman induknya apabila jumlah akarnya sudah cukup banyak. Jika sudah memenuhi syarat potong bibit tanaman cangkok ini dari induknya. Pemotongan sebaiknya dilakukan menggunakan gergaji agar tidak merusak bibit. Setelah terpotong, Anda bisa memangkas sebagian daun dan ranting bibit untuk mengurangi tingkat penguapan. Barulah kemudian Anda bisa menanam bibit jeruk sunkist tersebut ke polybag, pot, atau langsung di lahan.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s