Tips Dan Trik Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Limbah Batang Pisang

www.bundaberkebun.blogspot.com

Sesudah berhasil membuat pupuk organik cair dari buah jambu biji, saya sempat juga bikin pupuk organik cair dari limbah batang pisang. Batang pisang atau umum dimaksud gedebok pisang, memanglah banyak serta gampang didapati di sekitaran kita. Terlebih pisang memanglah cuma berbuah sekali serta sesudahnya dia bakal mati dengan sendirinya. Dari pada teronggok jadi sampah serta menanti terurai sebagai kompos, tambah baik dipakai sebagai bahan pembuatan pupuk cair organik.

*Baca Juga : Cara membuat Pupuk Kompos Dari kotoran Sapi

Langkah membuatnya gampang, serta sama dengan pembuatan pupuk cair organikjambu biji. Tetapi lebih detilnya saya jabarkan kembali berikut ini :

Bahan-Bahan pembuatan Pupuk Cair Organik Batang pisang
1. 1 kg btg pisang, tentukan yang sisi dalamnya yang berwarna putih.
2. 200 gr gula pasir, (dapat ditukar dengan gula aren)
3. 3 liter air tanah
4. Tong atau ember yang memiliki tutup
5. Karung bekas

Langkah Membuat :
1.Cincang sisi dalam batang pisang jadi potongan kecil-kecil-kecil. Masukan dalam wadah karung bekas.

2.Campur air dengan gula dalam ember atau tong hingga gula larut. Masukan karung diisi cacahan batang pisang ke dalamnya, hingga karung terbenam. Tutup rapat tong/ember terbut. Tempatkan ditempat yg tidak terkena matahari langsung.

* Baca Juga :  Cara pengolahan Air Limbah Industri

3.Diamkan kira-kira seminggu-10 hari. Janganlah lupa untuk buka tongnya sekali satu hari untuk keluarkan gas yang terbentuk dari kombinasi beberapa bahan pupuk itu, lewat cara mengaduknya. Sesudahnya tutup kembali dengan rapat.

 

banner-plastik-sampah-4

4.Kurun waktu 7-10 hari, pupuk cair sudah dapat siap dipakai. Sinyal tanda pupuk cair organik sukses yaitu ada bau seperti aroma tape. Apabila bau busuk yang tercium (seperti bau got), bermakna sistem pembuatan pupuk cair organik tidak berhasil, serta cairan itu mesti dibuang.

5.Angkat karung yang diisi cacahan batang pisang. Sisa cacahan batang pisang dapat dipakai sebagai kompos. Sedang air yang dalam ember/tong tersebut sebagai pupuk organik cair organik.

Penggunaan larutan pupuk cair organik batang pisang ini yaitu dengan mencampurkannya dengan air tanah/sumur. Perbandingannya 1 : 15, artinya satu sisi pupuk cair organik dicampurkan dengan 15 sisi air tanah. Pakai pupuk cair organik batang pisang ini 2 x dalam satu minggu. Siramkan di tanah sekitaran tanaman.

 

KANTONG SAMPAH WARNA HITAM
Untuk hotel, perkantoran, rumah sakit, apartemen, mall, yang membutuhkan kantong plastik sampah bisa menghubungi kami. Info harga silahkan sms/call ke 08123.258.4950 – 0852.3392.5564. Info selengkapnya tentang produk silahkan klik saja disini http://www.kantongsampah.com.

Advertisements

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s