Pemanfaatan Limbah Kertas Menjadi Media Tanam Pengganti Tanah

limbah-kertas

Limbah kertas yaitu sisa product yang bernilai ekonomi rendah, Oleh karena itu limbah kertas berpotensial untuk dikembangkan agar dapat digunakan dalam kehidupan sampai jadi lebih bernilai ekonomis. Satu di antara langkah yang dapat kita lakukan, yaitu Penggunaan Limbah kertas sebagai media tanam pengganti tanah. Itu sisi dalam memproses Limbah kertas jadi media tanam :

  • Dalam kertas ada kandungan zat kimia. Pada kertas yang tidak ada gambar atau bertinta meskipun, berarti limbahnya hanya mempunyai kandungan senyawa Klor (Cl) yang umum digunakan pada kertas sebagai pemutih. Sebaliknya bila pada kertas ada gambar atau bertinta jadi kecuali mempunyai kandungan Klor (Cl) juga mempunyai kandungan logam berat sisa residu tinta.Langkah pemisahan logam-logam berat dari senyawa Klor (Cl) yaitu melalui langkah menghancurkan kertas itu dengan penghalus lalu halusan kertas yang telah jadi bubur itu disaring untuk dipisahkan dengan tintanya, tentunya dalam penghalusan mengggunakan gabungan air untuk membantu system penghalusan dan pemisah tinta dengan kertas tesebut.

Kantong sampah 2

  • Setelah kertas cukup bersih jadi kertas perlu untuk direbus atau dipanaskan, faedah dari perebusan atau pemanasan itu yakni untuk sterilisasi kertas itu dari bermacam tipe mikroba yang mungkin saja saja akan mengganggu perubahan bakteri itu. Sebaiknya tanaman yang menggunakan media tanam kertas hanya tanaman hias atau tanaman tidaklah konsumsi karena jauhi sisa zat-zat kimia yang ada pada limbah kertas.
  • siapkan media tanam yaitu pot (disarankan pot plastik agar awet dan murah) lalu letakkan limbah kertas ke pot.
  • berikanlah nutrisi sekedarnya dengan MOL (karena media tanam kertas tidak ada nutrisi sampai harus dibantu dengan nutrisi penambahan

Baca Juga: Manfaat Kantong Sampah Untuk Pendaki

Selain dampak negatif, plastik sampah juga ada positifnya. Jika anda membutuhkan plastik sampah silahkan Hub. 08123-258-4950 atau 0877-0282-1277 atau 0852-3392-5564. www.kantongampah.com
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s