Cara Mengelola dan Mengurangi Sampah dengan 4R

Kantong sampah 2

  • Apakah itu sampah?

Sampah yaitu barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi dan disangka tidak bermanfaat sampai kita buang. Keseharian masing-masing individu menghasilkan sampah, misalnya bungkus jajan, botol minum dan sampah yang lain.

  • Fikirkan apabila kita saksikan gunungan sampah???

Satu hal yg tak terbayang dan tidak dikehendaki pastinya. Biasanya mengelola sampah yaitu dengan 3R tetapi sekarang ini jadi 4R yaitu reuse, reduce, recycle dan replace.

4R

  • Reuse (Menggunakan Kembali)

Sampah disangka satu hal yg tak bernilai serta tidak bermanfaat lagi, tetapi untuk sebagian orang yang kreatif dan inovatif sampah dapat dirubah jadi barang yang bernilai faedah atau bernilai jual, Misalnya menggunakan memodifikasi kaleng bekas sebagai pot tanaman, tempat pensil, celengan dan lain sebagainya.

  • Reduce (Kurangi)

Agar kurangi produksi sampah yang kita hasilkan, kita bisa meminimalkan atau kurangi benda-benda yang sekali pakai saja.

  • Recycle (Mendaur Lagi)

Sampah-sampah dapat dia daur lagi jadi satu hal atau barang yang bernilai setelah melalui sisi atau system,
Misalnya sampah organik dapat daur lagi jadi pupuk kompos yang dapat menyuburkan tanaman dan tanah. Tengah sampah anorganik dapat kita salurkan ke petugas daur lagi atau bank sampah di daerah anda.

  • Replace (Ubah)

Kita dapat ubah barang-barang yang kita gunakan dengan bahan yang ramah lingkungan. Sebagai contoh kita dapat ubah kantong plastic umum dengan kantong plastik yang biodegradable sampai lebih ramah lingkungan karena plastic itu lebih cepat terurai, ubah kantong plastik dengan tas kain perca dll.

Langkah mengelola sampah dengan 4R dapat anda aplikasikan di rumah, demikian bakal tak ada sampah yang menumpuk serta bikin lingkungan yang bersih dan sehat.

Baca Juga: Efek Diberlakukannya Kantong Plastik Berbayar di Indonesia

Lim Corporation – Melayani pemesanan plastik sampah segala ukuran dan warna, dengan minim order 300kg/ukuran. Hub 085233925564 | 081232584950. info selengkapnya tentang prodak silahkan klik www.kantongsampah.com


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s