Jenis Pengolahan Limbah Anorganik

bd372-tempatsampahtrashd982d985d8a7d985d8a9

Limbah serta sampah adalah efek samping negatif dari aktivitas manusia yang tidak dapat dijauhi. Sementara ini satu-satunya jalan keluar yaitu dengan langkah memproses limbah. Pada dasarnya limbah serta sampah di proses dengan dua tujuan. Yang pertama yaitu di proses supaya lebih aman saat dibuang atau di proses kembali supaya bisa dipakai kembali. Menurut jenisnya sampah dibagi juga jadi dua jenis yakni organik serta anorganik. Sampah organik yaitu sampah-sampah seperti limbah rumah tangga, sayur-sayuran yang tidak layak konsumsi, sisa makanan, daun-daunan, serta lain sebagainya. Untuk pengolahan limbah organik yaitu seperti sebagai pakan ternak, di buat pupuk kompos, di buat biogas serta lain sebagainya. Sedang untuk sampah anorganik umumnya terdiri dari botol bekas, kaleng, kertas, serta plastik. Kali ini kita bakal mengulas cara-cara pengolahan limbah anorganik lebih dalam macam-macamnya serta manfaatnya. Tidak sama dengan sampah organik, untuk pemrosesan sampah anorganik cuma dapat dikerjakan oleh sampah anorganik yang sejenis saja. Oleh karenanya sebelum dilakukan pengolahan, mesti dipisahkan terlebih dulu tiap-tiap jenis sampahnya supaya lebih gampang dalam pengolahannya.

1. Diloak.
Siapa bilang sampah anorganik seperti barang-barang bekas tak mempunyai nilai jual. Sebagian sampah anorganik bila diloak dalam jumlah banyak maka dihargai dengan harga yang lumayan. Beberapa sampah anorganik yang masih laku untuk diloak yaitu seperti ban bekas, botol bekas, majalah bekas, koran bekas, kertas bekas, TV tua serta bekas, sepeda usang, sampai besi-besi tua. Lebih mudahnya barang-barang yang laris di pasar loak yaitu besi, kertas, ban, serta sejenisnya. Beberapa perkakas tua seperti almari tua, panci-panci bekas, serta sepeda bekas begitu laris untuk loak. Saat ini anda bisa dengan gampang memanggil tukang loak untuk mengambil beberapa barang bekas tua anda. Jadi anda tak ribet untuk membawanya ke pasar loak.

2.Daur Ulang.
Bila anda menginginkan mempunyai pendapatan lebih dari sampah-sampah anorganik, daur ulang adalah salah satu pemecahannya. Sebagian jenis sampah anorganik yang bisa didaur ulang yaitu seperti sampah plastik, sampah logam, sampah kaca serta sampah kertas. Biasanya sampah-sampah yang didaur ulang dapat dijadikan kerajinan. Kini banyak kerajinan yang terbuat dari sampah-sampah kertas serta kaca yang didaur ulang. Tentu saja anda mesti tahu prosesnya juga perlengkapan yang diperlukan untuk mendaur ulang sampah itu. Lalu anda juga butuh sedikit kreasi untuk membuat kerajinan dari beberapa bahan yang telah didaur ulang itu.

3.Pembakaran.
Sebagian orang berasumsi kalau membakar sampah bisa mengakibatkan kerusakan ozon lantaran asap yang dihasilkan olehnya. Memang hal semacam ini benar adanya. Walau demikian ada cara-cara untuk kurangi bahaya rusaknya lingkungan dari membakar sampah. Salah nya ialah dengan dibakar dalam insinerator. Tetapi baiknya sampah-sampah yang dibakar adalah sampah-sampah yang tidak beresiko yakni salah satunya adalah plastik. Satu diantara manfaat pembakaran sampah yaitu panasnya dapat dipakai untuk kegiatan industri sebagai tenaga panas. Beberapa industri memakai pembakaran sampah untuk sumber daya seperti pembangkit uap, listrik, bahkan juga air panas. Tiap-tiap sistem pemrosesan limbah anorganik baiknya di proses menurut sebagian jenisnya. Tidak sama dengan sampah organik yang dapat digabung, sampah anorganik cuma dapat di proses bila macamnya sama. Bila anda tak dapat atau tak dapat untuk memproses sampah anorganik anda, anda tetaplah dapat berperan untuk dalam sistem pengolahan limbah. Salah satu langkahnya yaitu dengan memisah sampah menurut macamnya. Lalu menjadikan bank sampah yang disalurkan ke pengrajin-pengrajin yang memang memerlukan bahan baku sampah. Jauhi mencampurkan sampah anorganik serta sampah organik lantaran dapat menyulitkan pemrosesannya. Serta yang terutama yaitu buanglah sampah pada tempatnya.

 

BACA JUGA : Perbedaan Plastik HD Dan PE

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s