Tentang Daur Ulang

artikel-daur-ulang-sampah

Daur ulang yaitu sistem untuk menjadikan satu bahan sisa jadi bahan baru dengan maksud mencegah adanya sampah yang sesungguhnya bisa jadi suatu hal yang bermanfaat, mengurangi pemakaian bahan baku yang baru, mengurangi pemakaian daya, mengurangi polusi, rusaknya tempat, serta emisi gas tempat tinggal kaca bila dibanding dengan sistem pembuatan barang baru. Daur ulang yaitu salah satu kiat pengelolaan sampah padat yang terdiri atas aktivitas pemilahan, pengumpulan, pemprosesan, pendistribusian serta pembuatan product/material sisa gunakan, serta komponen utama dalam manajemen sampah modern serta sisi ketiga dalam proses hierarki sampah 4R (Reduce, Reuse, Recycle, and Replace).

Material yang dapat didaur ulang terbagi dalam sampah kaca, plastik, kertas, logam, tekstil, serta barang elektronik. Walau serupa, sistem pembuatan kompos yang biasanya memakai sampah biomassa yang dapat didegradasi oleh alam, tak digolongkan sebagai sistem daur ulang. Daur ulang lebih difokuskan pada sampah yang tidak dapat didegradasi oleh alam dengan cara alami untuk pengurangan kerusakan lahan. Pada dasarnya, daur ulang yaitu sistem pengumpulan sampah, penyortiran, pembersihan, serta pemprosesan material baru untuk sistem produksi.

Pada pemahaman yang terbatas, sistem daur ulang mesti menghasilkan barang yang serupa dengan barang aslinya dengan material yang sama, misalnya kertas sisa harus menjadi kertas dengan kwalitas yang sama, atau busa polistirena bekas harus menjadi polistirena dengan kwalitas yang sama. Kerapkali, hal semacam ini susah dikerjakan lantaran lebih mahal dibanding dengan sistem pembuatan dengan bahan yang baru. Jadi, daur ulang adalah sistem pemakaian kembali material jadi product yang tidak sama. Bentuk lain dari daur lagi yaitu ekstraksi material bernilai dari sampah, seperti emas dari processor computer, timah hitam dari baterai, atau ekstraksi material yang beresiko untuk lingkungan, seperti merkuri.

Daur ulang yaitu suatu hal yang mengagumkan yang dapat diperoleh dari sampah. Sistem daur lagi aluminium bisa menghemat 95% daya serta kurangi polusi udara sejumlah 95% bila dibanding dengan ekstraksi aluminium dari tambang sampai prosesnya di pabrik. Penghematan yang cukup besar pada daya juga didapat dengan mendaur lagi kertas, logam, kaca, serta plastik.

Material-material yang bisa didaur lagi serta prosesnya salah satunya yaitu :

1. Bahan Bangunan

Material bangunan bekas yang sudah dikumpulkan dihancurkan dengan mesin penghancur, terkadang bersamaan dengan aspal, batu bata, tanah, serta batu. Hasil yang lebih kasar dapat digunakan jadi pelapis jalan sejenis aspal serta hasil yang lebih halus dapat digunakan untuk bikin bahan bangunan baru sejenis bata.

 

2. Baterai

Banyak macam serta ukuran baterai membuat sistem daur lagi bahan ini relatif susah. Mereka mesti disortir terlebih dulu, serta setiap jenis mempunyai perhatian spesial dalam pemprosesannya. Umpamanya, baterai type lama masihlah mengandung merkuri serta kadmium, mesti diakukan dengan cara lebih serius untuk mencegah rusaknya lingkungan serta kesehatan manusia.
Baterai mobil biasanya jauh lebih mudah serta lebih murah untuk didaur lagi.

 

 

3. Barang Elektronik
Barang elektronik yang popular seperti computer serta telephone genggam biasanya tak didaur lagi lantaran belum jelas perhitungan manfaat ekonominya. Material yang bisa didaur lagi dari barang elektronik umpamanya yaitu logam yang ada pada barang elektronik itu (emas, besi, baja, silikon, dan lain-lain) maupun beberapa sisi yang masih bisa digunakan (microchip, processor, kabel, resistor, plastik, dan lain-lain). Tetapi tujuan utama dari sistem daur lagi, yakni kelestarian lingkungan, telah terang bisa jadi maksud diterapkannya sistem daur ulang pada bahan ini walau manfaat ekonominya masih belum terang.

 

4. Logam

Besi serta baja yaitu jenis logam yang paling banyak didaur lagi didunia. Termasuk juga satu diantara yang termudah lantaran mereka bisa dipisahkan dari sampah yang lain dengan magnet. Daur ulang mencakup proses logam pada umumnya ; peleburan serta pencetakan kembali. Hasil yang didapat tak kurangi kwalitas logam itu.
Contoh yang lain yaitu aluminium, yang disebut bahan daur ulang paling efektif didunia. Tetapi biasanya, semua jenis logam bisa didaur lagi tanpa ada kurangi kwalitas logam itu, jadikan logam sebagai bahan yang bisa didaur lagi dengan tak terbatas.

 

Bahan Lainnya
Kaca bisa pula didaur ulang. Kaca yang didapat dari botol serta lain sebagainya dibikin bersih dari bahan kontaminan, lantas dilelehkan bersama-sama dengan material kaca baru. Bisa pula digunakan sebagai bahan bangunan serta jalan. Telah ada Glassphalt, yakni bahan pelapis jalan dengan memakai 30% material kaca daur lagi.

Kertas dapat juga didaur ulang dengan mencampurkan kertas sisa yang sudah jadikan pulp dengan material kertas baru. Tetapi kertas bakal senantiasa alami penurunan kualitas bila selalu didaur lagi. Hal semacam ini menjadikan kertas mesti didaur lagi dengan mencampurkannya dengan material baru, atau mendaur ulangnya jadi bahan yang berkualitas lebih rendah.

Plastik

4288d-kantong2bplastik2bsampah2b1aPlastik bisa didaur ulang sama seperti seperti mendaur ulang logam. Hanya saja, ada beragam type plastik didunia ini. Sekarang ini di beberapa product plastik ada kode mengenai type plastik yang membuat material itu hingga memudahkan untuk mendaur lagi. Satu kode di paket yang berupa segitiga 3R dengan kode angka di tengah-tengahnya yaitu misalnya. Satu angka spesifik tunjukkan type plastik spesifik, serta terkadang diikuti dengan singkatan, umpamanya LDPE untuk Low Density Poly Etilene, PS untuk Polistirena, dan sebagainya, hingga memudahkan sistem daur lagi.

Jenis kode plastik yang umum beredar salah satunya :

1. PET (Polietilena tereftalat). Biasanya ada pada botol minuman atau bahan mengkonsumsi yang lain yang cair.
2. HDPE (High Density Polyethylene, Polietilena berdensitas tinggi) umumnya ada pada botol detergen.
3. PVC (polivinil klorida) yang umum ada pada pipa, rnitur, dan sebagainya.
4. LDPE (Low Density Polyethylene, Polietilena berdensitas rendah) biasa ada pada pembungkus makanan.
5. PP (polipropilena) biasanya ada pada tutup botol minuman, sedotan, serta sebagian type mainan.
6. PS (polistirena) umum ada pada kotak makan, kotak pembungkus daging, cangkir, serta peralatan dapur yang lain

Apabila anda membutuhkan produsen dan distributor untuk kantong plastik, dapat menghubungi di nomor 0812.3258.4950 – 0877.0282.1277 – 0852.3392.5564 atau klik web berikut untuk lebih jelasnya : Jual Kantong Plastik

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s