Berbagai Jenis Kantong Plastik

kode-plastik

Benda berbahan plastik saat ini jadi satu hal yang tidak dapat terlepas dari kehidupan kita. Setiap mata memandang, tatapan nyaris tidak pernah dapat terlepas dari plastik.

Tempat sampah dirumah kita juga tentu dipenuhi dengan sampah plastik. Dari bungkus camilan sampai botol air mineral, benda-benda berbahan plastik itu tidak terpisahkan dari aktivitas kita sehari-hari.

Tetapi, tahukah anda bila plastik itu mempunyai kode-kode spesifik?

Tak semuanya plastik aman untuk dipakai oleh manusia. Ada plastik yang mempunyai kandungan beresiko hingga sekalipun tidak bisa dipakai sebagai wadah makanan maupun minuman, ada plastis yang cuma bisa sekali digunakan, ada juga type plastik yang bisa digunakan berkali-kali.

Tersebut disini kode type plastik yang umum dipakai sebagai paket makanan serta minuman. Type plastik ini telah disadari oleh instansi internasional seperti International Organization for Standardization (ISO) yang mengambil keputusan standarisasi tiap-tiap product yang di jual di market di semua dunia :

 

 

 

1.  PET (Polyethylene Terephthalate) yaitu polimer jernih serta kuat dengan beberapa karakter penahan gas serta kelembapan. Kekuatan plastik PET untuk menyimpan karbon dioksida (karbonasi) membuatnya begitu ideal untuk dipakai sebagai botol-botol minuman enteng (bersoda/terkarbonasi). Diluar itu plastik PET juga kerap dipakai sebagai botol air minum paket.

 

 

2.  HDPE (High Density Polyethylene), bahan plastik yang bewarna putih susu atau putih bersih. Dipakai untuk kantong tissue, botol detergent serta minyak, serta plastik anti panas, pipa plastik. shoppingbag serta kantong plastik yang Pas untuk kantung sayur makanan yang berkuah lantaran fleksibel dengan kemampuan tinggi.

 

 

3.   PVC (Poly Vinly Chlorine), bahan plastik yang dipakai untuk packing botol minyak, daging, pipa air serta jendela plastik.

 

4.   LDPE (Low Density Polyethylene), bahan plastik yang dipakai untuk pelapis kaleng. Plastik pembungkus makanan agar tetaplah hangat (food wrapping). Kantong grocery, bungkus roti, tas plastik fleksibel dengan kemampuan remas.

 

 

5.   PP (Polypropylene), bahan plastik yang dipakai untuk digunakan pada packing makanan kering/makanan ringan. sedotan, kantong obat, penutup, cup, tas, botol, dan sebagainya.

 

 

6.   Polystyrene (PS) bersifat berubah bentuk & berbunyi. Bahan plastik yang dipakai untuk gabus (styrofoam, cup, box, tray daging, tempat telur)

 

 

7.   Jenis Plastik yang disebutkan selain 6 plastik tadi. Jenis-jenisnya antara lain :

  • OPP (Oriented Polystyrene), begitu bening, kurang tahan panas. Dipakai untuk mempacking roti & makanan ringan, t-shirt, jackets, pakaian. Memberi keindahan penamplan product. Agar tak gampang robek digunakan double layer side & gusset.
  • Plastik Cor yaitu bahan plastik yang umum dipakai untuk pengecoran bangunan.
  • Lunchbox Polystyrene, bahan plastik yang dipakai untuk packing camilan, nasi, dll
  • Karet bahan karet berbentuk karet gelang, terdiri dari super serta kombinasi super terbuat berbahan murni. Transparan serta berbentuk kuat serta elastis. Ada ukuran kecil bahan kombinasi tak bening, kurang elastis serta ada ukuran besar
  • Plastik Vacuum berbentuk kombinasi bahan nylon serta PE/PVC dipakai untuk membungkus sayur, buah, daging yang hampa hawa serta siap dimasak/dimakan
  • Plastik Mika memiliki bahan kombinasi pada bahan PP/PE/PVC umumnya dipakai untuk album, taplak meja, sampul, bungkus dll

 

Kurang lebih seperti itu penjelasan dari 7 jenis plastik. Semoga bermanfaat dan membantu anda semua.

Baca Juga Langkah-Langkah Untuk Menentukan Jenis Plastik

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s